Jakarta 2019. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti mendapat tempat penting dalam seluruh design kurikulum 2013. Ini menjadi kerpihatinan penting kita semua atas ketidaksinambungan pendidikan formal di sekolah-sekolah dengan aplikasi dalam kehidupan nyata. Terjadi kesenjangan yang tak teseberangi. Ada jarak yang terkirakan. Sekolah bukanlah menjadi yang tertuduh atas ketimpangan ini. Tetapi sekolah menyadari, pendidikan adalah dasar untuk sebuah karakter manusia.
Untuk itu, ini saatnya kalian membuat suatu observasi ke wilayah sekitar sekolah ini. Satu kelompok terdiri dari 3 orang. Datangi orangtua dan bukalah oborlan santai dengan mereka. Intinya: anda harus menemukan apakah benar ada ketidasinambungan atau ironi antara pelajar (insan intelektual) dengan kenyataan hidupnya dalam keluarga dan masyarakat.
pertanyaan penuntunnya adalah:
  1. Sering terjadi tawuran antara sekolah dan itu antara anak-anak sekolah. nah kalau di masyarakat, pelajar (SMP-SMA/K) apakah banyak yang terlibat?
  2. Apakah masih banyak anak-anak yang nongkrong sampai malam-malam di wilayah sekitar sini?
  3. Usia 17 tahun ke bawah, apakah ada anak-anak yang tidak sekolah. Kalau tidak sekolah apa aktifitas mereka setiap hari?
  4. Apakah di sini sering tarjadi kejahatan atau kriminal yang melibatkan pelajar? 
  5. APakah ada anak-anak atau pelajar yang terlibat dalam narkoba di wilayah ini.
  6. menurut Bapak/ibu, perilaku pelajar sekarang masih wajar atau tidak sesuai dengan status mereka sebagai pelajar?
  7. Keterlibatan pelajar dalam banyak kejahatan, apakah sekolah dipersalahkan? Atau kira-kira apa yang harus diajarkan di sekolah agar anak-anak tidak melakukan kejahatan?
  8. Menurut Bapak Ibu, apakah pendidikan agama dan budi pekerti di sekolah-sekolah masih dibutuhkan?
Nanya secara santai dan bautlah dokumentasi entah video atau foto (izin dulu). Datangin min 10 responden.

PROYEK:
1. Hasil obrolan, dokumentasi dibuat dalam bentuk paper (portofolio) dengan sistematika sbb:

  • Pengantar
  • Permasalahan (pelajar yang nota bene terdidik masih terindikasi melakukan kriminalitas, narkoba, tawuran, dll).
  • Script hasil wawancara (identitas responden, dll)
  • RESUME KELOMPOK (semacam kesimpulan): untuk menjawab tesis "keberlanjutan antara pembelajaran (akademik dan karakter) di sekolah dengan aplikasi hidup di masyarakat?"
  • Dokumentasi: foto (warna).
Dateline pengumpulan paper: 20 Agst 2019 pkl 15.00  
Hard copy di ruang guru. Softcopy di  golowaso19@gmail.com 

Kamis berikut : presentasi secara sederhana dokumentasi foto dan abstraksi dari RESUME.