Survey Sosial kelas XI BDP SMK Tarakanita Jakarta
MASA DEPAN BANGSA ADA TIGA ORANG HEBAT INI... |
Jakarta 2019. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti mendapat tempat penting dalam
seluruh design kurikulum 2013. Ini menjadi kerpihatinan penting
kita semua atas ketidaksinambungan pendidikan formal di sekolah-sekolah
dengan aplikasi dalam kehidupan nyata. Terjadi kesenjangan yang tak teseberangi.
Ada jarak yang terkirakan. Sekolah bukanlah menjadi yang tertuduh atas
ketimpangan ini. Tetapi sekolah menyadari, pendidikan adalah dasar
untuk sebuah karakter manusia.
seluruh design kurikulum 2013. Ini menjadi kerpihatinan penting
kita semua atas ketidaksinambungan pendidikan formal di sekolah-sekolah
dengan aplikasi dalam kehidupan nyata. Terjadi kesenjangan yang tak teseberangi.
Ada jarak yang terkirakan. Sekolah bukanlah menjadi yang tertuduh atas
ketimpangan ini. Tetapi sekolah menyadari, pendidikan adalah dasar
untuk sebuah karakter manusia.
Untuk itu, ini saatnya kalian membuat suatu observasi di sekitar wilayah Anda.
Satu Kelompok terdiri dari 3 orang. Intinya: anda harus menemukan apakah
benar ada ketidasinambungan atau ironi antara pelajar (insan intelektual)
dengan kenyataan hidupnya dalam keluarga dan masyarakat.
Satu Kelompok terdiri dari 3 orang. Intinya: anda harus menemukan apakah
benar ada ketidasinambungan atau ironi antara pelajar (insan intelektual)
dengan kenyataan hidupnya dalam keluarga dan masyarakat.
pertanyaan penuntunnya adalah:
- Sering terjadi tawuran antara sekolah dan itu antara anak-anak sekolah. nah kalau di masyarakat, pelajar (SMP-SMA/K) apakah banyak yang terlibat? (berikan bukti yang otentik: waktu, tempat, sekilas kronologi kejadian, pihak yang terlibat)
- Apakah masih banyak anak-anak yang nongkrong sampai malam-malam di wilayah sekitar Anda? (Ceritakan secara detil jamnya, aktifitas saat nongkrong, meresahkan atau tidak)
- Usia 17 tahun ke bawah, apakah ada anak-anak yang tidak sekolah. Kalau tidak sekolah apa aktifitas mereka setiap hari? (Kira-kira berapa orang dan apakah aktifitas itu produktif atau negatif meresahkan)
- Apakah di sini sering tarjadi kejahatan atau kriminal yang melibatkan pelajar? (Jenis kriminal dan berapa remaja/pelahjar yg terlibat)
- APakah ada anak-anak atau pelajar yang terlibat dalam narkoba di wilayah ini (sudah berapa kasus dan berapa pelajar yang menjadi pemakai dan bandar)
- menurut Anda, perilaku pelajar sekarang masih wajar atau tidak sesuai dengan status mereka sebagai pelajar? (Jelaskan secara sistematis)
- Keterlibatan pelajar dalam banyak kejahatan, apakah sekolah dipersalahkan? Atau kira-kira apa yang harus diajarkan di sekolah agar anak-anak tidak melakukan kejahatan?
- Menurut Anda, apakah pendidikan agama dan budi pekerti di sekolah-sekolah masih dibutuhkan?
Diskusikan dalam kelompok dan buat dalam bentuk PAPER dengan sistematika sebagai berikut:
- Pengantar
- Permasalahan (pelajar yang nota bene terdidik masih terindikasi melakukan kriminalitas, narkoba, tawuran, dll).
- Analisis kelompok berdasarkan 8 pertanyaan di atas.
- RESUME KELOMPOK (semacam kesimpulan): untuk menjawab tesis "keberlanjutan antara pembelajaran (akademik dan karakter) di sekolah dengan aplikasi hidup di masyarakat?"